Sabtu, 01 Oktober 2011

The history of Advertising

Setelah melewati libur Lebaran selama 10 hari, kelas Dasar Periklanan pada hari Jumat, 9 September 2011 kembali dimulai. Materi yang disajikan masih lanjutan dari pertemuan pertama.
Periklanan membentuk simpati antara produsen dan konsumen, sehingga seiring dengan berjalannya waktu menjadi asset paling berharga yang dimiliki produsen.
Periklanan membangun merk (brand personality) dan mempengaruhi persepsi konsumen, memberikan nilaai lebih pada sebuah produk, memberikan nyawa bagi sebuah produk.
Periklanan menciptakan:
-          Kesadaran merk
-          Arti dari sebuah merk
-          Pengharapan akan sebuah merk
-          Identitas merk
-          Bayangan sebuah merk
Prinsip penting periklanan:
-          Iklan yang baik menghargai perhatian konsumen karena dibuat dengan ide-ide yang bagus
-          Tanggapan konsumen adalah titik awal dalam merencanakan dan menciptakan iklan
-          Perikalanan bukan semata-mata mengirimkan pesan kepada konsumen, namun menciptakan rangsangan yang tepat dan meninggalkan tanggapan (respon) yang diinginkan
-          Periklanan hanya bisa dibuat khusus untuk satu macam produk/jasa saja
Kunci berhasilnya sebuah komunikasi:
-          Rencanakan sebuah komunikasi brand yang efektif
-          Memahami dengan lebih baik bagaimana perilaku setiap orang dalam berkomunikasi
-          Ciptakan ide yang cukup besar untuk bekerja dengan baik di setiap saluran komunikasi
Materi di atas adalah meteri yang diberikan oleh Dosen Koordinator. Selanjutnya masuk ke materi Pak Santo Tjhin mengenai Sejarah Periklanan.
Periklanan muncul di abad 17. Kemudian pada tahun 1841, sebuah Agency didirikan oleh Volney Palmer di  kota Boston. Agency sebagai makelar bagi para klien yang ingin membeli ruang untuk beriklan pada media surat kabar. Agency mendapat komisi sebesar 30% dari pihak penerbit surat kabar.
1875 à Perusahaan Agency untuk pertama kalinya melayani kliennya dengan pelayanan penuh.
1958 à Penjualan media periklanan yang terpecah-pecah dalam bentuk pesan.
1600-an à Lebih terarah dan kreatif.
1980 dan 1990-an à Lahirnya MTV dengan konsep video dan music
1990-an à Muncul web internet terbuka peluang media periklanan yang kontribusinya melalui iklan yang menggunakan dot-com pada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar